Wednesday, October 5, 2011

Bujangan


Enaknya kalau jadi bujangan,,,,,Hidup bebas bagai burung terbang…Kantong kosong tidak jadi persoalan…Tapi susahnya menjadi bujangan..Kalau malam tidurnya sendirian..ooo bujangan….bujangan….

Begitulah syair lagu Rhoma Irama yang sering dinyanyikan Yong dimana saja ia berada, baik ketika sedang santai, bahkan di kamar mandi. Entah kenapa lagu ini yang sering ia nyanyikan, padahal lagu ini sudah berusia sangat lama dan sekarang pun sudah banyak lagu-lagu baru yang lebih bagus. Mungkin karena ia belum punya pacar, dengan memnyanyikan lagu itu, ia berharap ada cewek yang mendengar. Kira-kira begitu!

“wahai para pemuda, jika kalian telah mampu lahir dan batin untuk menikah, maka segera lah menikah!” Yong mengucapkan kembali sebuah hadist yang pernah ia hafal sewaktu mondok di pesantren dulu. Entah kenapa, hanya hadist ini yang masih melekat di kepala Yong? padahal ia pernah menghafal ratusan hadist di pesantren. Mungkin saja karena hadist ini membahas tentang nikah yang menjadi pembahasan favorit Yong dan dkk.



“Kalau sudah masanya dan mampu lahir-batin, tunggu apalagi? Cari pasangan terus yang cocok, dan menikah lah! Karena itu sunnah nabi” Kata Yong dalam sebuah diskusi bersama kawan-kawannya di sebuah café. “seandainya nabi menyuruh untuk tidak menikah, aku juga gak kan tahan Yong…hahaha” canda Darul. “ah, aku walaupun sudah mampu, tapi gak ingin cepat-cepat menikah dulu, aku kan masih muda. Jadi nikmati masa muda dulu lah” kata Joel.

“Aku juga sama seperti yang dikatakan Joel, gak mau nikah cepat-cepat, karena cepat kali mati BL” kata Sari yang juga ikut berdiskusi bersama Yong, Dkk. Mungkin maksud mati BL ialah tidak laku lagi alias berakhir masa muda.

“seperti kata Yong, nabi menyuruh kita menikah jika telah mampu. Tapi aku heran sama Bang Dolah, ia seorang pengusaha yang kaya raya, ia punya tiga swalayan di Banda Aceh. Tapi sampai sekarang ia belum juga mempunyai menikah, padahal umurnya sudah 35 tahun” ungkap Darul dengan heran. “kan yang namanya mampu, belum tentu mampu semuanya. Memang Bang Dolah banyak harta, berarti ia mampu secara lahir. akan tetapi, belum beliau belum mampu secara batin. Mungkin karena itulah beliau belum menikah” jawab Yong dengan bijak. “oooo.. begitu toh!”[]

No comments:

Post a Comment