Thursday, December 29, 2011

Bahasa Sebagai Pembangun Karakter Jati Diri Bangsa


Bahasa adalah sistem arti dalam bentuk yang direalisasikan oleh ekspresi. Bahasa merupakan unsur utama pembentukan jati diri suatu bangsa, dengan kata lain bahasa sangat berperan dalam pembentukan jati diri suatu bangsa. Yang dimaksud dengan jati diri adalah identitas yang terdiri atas sifat, ciri, atau tanda yang mewakili dan membedakan seseorang, suatu komunitas, atau suatu bangsa dengan yang lainnya.


Adapun karakter yang berhubungan dengan jati diri adalah keseluruhan kualitas atau personalitas yang dimiliki seseorang, suatu komunitas atau suatu bangsa yang merupakan realisasi jati diri secara operasional dan sekaligus yang membedakan seseorang , suatu komunitas, atau suatu bangsa dengan yang lainnya.


Karakter merupakan istilah netral yang mencakup sisi baik dan sisi buruk. Sisi baiknya disebut karakter baik, dan sisi buruknya disebut karakter buruk.

Dalam kaitan ini bahasa berperan utama dan penting dalam membangun jati diri suatu bangsa karena bahasa membangun sistem arti dalam kehidupan manusia. Selanjutnya sistem arti, khususnya yang yang bertautan dengan sistem arti, budaya, dan ideologi menjadi panduan bagi generasi selanjutnya dalam bertindak, realisasi dalam bertindak inilah disebut bangga.

Interaksi manusia dengan alam semesta dan sosial semesta menghasilkan pengalaman secara individu (setiap orang memiliki pengalaman tersendiri) yang perlu dikomunikasikan kepada orang lain. Dalam situasi inilah bahasa diperlukan masyarakat atau sebuah bangsa.


Mata Kuliah : Bahasa Jurnalistik
Dosen            : Yarmen Dinamika

No comments:

Post a Comment